Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fachiri. (Foto : iNews/Edy Siswanto)
Omega Batkorumbawa

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri meminta para pekerja di daerah rawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak mengantar nyawa. Hal ini merespons terjadinya dua kali teror KKB dalam sepekan terakhir ini.

Penyerangan ini terjadi terhadap para pekerja di Kabupaten Pegunungan Bintang dan Intan Jaya yang mengakibatkan dua pekerja tewas.

"Kami mengimbau agar para pekerja di daerah pegunungan untuk lebih hati-hati dan tidak menyerahkan nyawanya sendiri," ujar Kapolda, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, penembakan terhadap penambang liar dan pekerja proyek pembangunan Puskesmas ini dilakukan oleh KKB. Selain dua korban tewas, peristiwa ini mengakibatkan satu orang menderita luka tembak ada bagian siku dan pundak kanan.

"Pekerja yang berada di daerah rawan KKB harus lebih berhati-hati," katanya.

Menurutnya, saat ini aparat gabungan TNI- Polri masih berupaya mengejar KKB yang kerap melakukan teror dan penembakan terhadap personel dan masyarakat.

Sebelumnya, KKB menyerang dan membakar kamp penambang emas di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Pelaku yakni KKB pimpinan Bocor Sobolim dari Yahukimo.

Dalam peristiwa ini, satu korban tewas teridentifikasi bernama Rolmo Aldus Tuenoa (29) yang luka parah di pergelangan tangan hingga putus.

Kemudian penyerangan KKB terhadap pekerja bangunan Puskesmas di Beoga, Kabupaten Puncak perbatasan dengan Intan Jaya, Selasa (8/11/2022). Dalam peristiwa ini satu pekerja tewas dan seorang luka tembak.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT