Petugas saat akan mengevakuasi warga sipil yang tewas ditembak KKB di Deiyai, Papua. (Foto: Ist)
Nathan Making

TIMIKA, iNews.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak warga sipil hingga tewas di GOR Aula DPR Kabupaten Deiyai, Minggu (26/6/2022) malam. Korban yakni bernama Muhammad Zenal (28) pedagang yang tinggal di Distrik Waghete, Kabupaten Deiyai, Papua.

Jenazah korban selanjutnya diterbangkan ke kampung halaman di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Proses evakuasi awal menggunakan pesawat Twin Otter Airfast Infonesia PK-OCJ/Pilot Frangky dari Deiyai menuju Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua.

Kemudian jenazah dikirim ke kampung halaman dengan menggunakan pesawat Lion Air JT 3763 tujuan Bandara Sultan Hasanudin Makassar, Senin (27/6/2022) pukul 11.35 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, kronologi kejadian penembakan brutal yang dilakukan KKB tersebut. Berawal saat korban sedang bermain badminton bersama beberapa rekan lainya di GOR Aula DPR Deiyai.

Lalu terdengar bunyi tembakan dari arah luar GOR, tepatnya di pintu masuk aula yang dilakukan tiga orang, Minggu (26/6/2022) pukul 21.34 WIT.

Masyarakat yang melihat hal tersebut langsung melaporkan kejadian ke Mapolres Deiyai. Mendapatkan laporan dari masyarakat, anggota langsung menuju ke TKP guna memastikan kejadian yang terjadi.

“Dari kejadian tersebut terdapat salah satu warga yang menjadi korban bernama Enal (32) seorang pedagang yang tinggal di Distrik Waghete,” ujar Kamal, Senin (27/6/2022).

Sebelumnya, korban dari kelompok bersenjata itu sempat dilarikan ke RSUD Paniai. Namun dinyatakan meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kasus tersebut sudah diselidiki Satreskrim Polres Deiyai. Sampai saat ini, pesonel Polres Deiyai bersama Ops Damai Cartenz masih melakukan patroli di sekitar TKP guna memastikan situasi tetap aman kondusif.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT