Para peserta calon bintara noken di Tolikara. (Foto: Antara).
Antara

JAYAPURA, iNews.id - Tokoh agama dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mendukung anak-anak Papua mendaftar Bintara Noken Polri. Nanti mereka lah yang menjaga daerahnya.

Pendeta Lipius Biniluk mengapresiasi langkah Polda Papua dalam merekrut anggota dari anak orang asli Papua (OAP).

"Jadi nantinya mereka lah yang akan ditugaskan di daerahnya masing-masing," kata Pdt Biniluk di Kota Jayapura, Papua, Senin (27/12/2021).

Dia berharap, Pemprov Papua tetap memberikan dukungan seperti halnya yang dilakukan pada perekrutan 2021 lalu. Ada 2.000 anak asli Papua jadi bintara Polri melalui Bintara Noken.

Menurut dia, anak-anak asli dan yang lahir serta besar di Papua lebih memahami adat istiadat setempat. Belum lagi jumlah anggota kepolisian yang ditugaskan di Papua masih terbatas.

Ketua MUI Papua, KH Syaiful Islam Al Payage, mendukung sepenuhnya program Bintara Noken guna mengisi kekurangan anggota polri di polres-polres yang ada di Papua.

"Kami para tokoh agama akan mendukung langkah yang diambil Polda Papua demi terciptanya keamanan dan perdamaian di Tanah Papua, " ujar Kiai Syaiful.

Polda Papua telah merekrut 2.000 remaja untuk menjadi anggota Polri yang dididik di 18 SPN berbagai daeraeh. Setelah itu mereka akan ditempatkan di polres daerah pengiriman.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal

BERITA TERKAIT