Suasana penutupan TMMD di Makodim Jayawijaya, Rabu, (9/11). (ANTARA/Marius Frisson Yewun)
Antara

WAMENA, iNews.id - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menutup Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dipusatkan di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Seluruh sasaran TMMD kali ini sudah 100 persen, baik fisik dan nonfisik.

"Saya sangat apresiasi pada tim yang terlibat TMMD, khususnya dukungan Bupati Jayawijaya sehingga capaian target 100 persen," ujarnya, Rabu (9/11/2022).

Pangdam memastikan TNI siap memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam membangun daerah.

"Ke depan kalau seandainya Kodim juga sudah mendaftarkan, nanti tergantung pemda ingin melaksanakan kegiatan karya bhakti dan lainnya. Pada intinya kami siap," katanya.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua menyampaikan terima kasih kepada TNI yang setiap tahun rutin membantu pemerintah melalui Program TMMD.

Dia memastikan kehadiran TNI di masyarakat bukan saja membangun sarana fisik kepada masyarakat, tetapi nonfisik seperti pembekalan-pembekalan pengetahuan misal pada sektor pertanian.

"Kegiatan TMMD sangat membantu pemerintah dan masyarakat di tingkat distrik dan kampung. Tidak hanya kegiatan fisik, tetapi juga nonfisik, jadi ada kegiatan langsung TNI bersama masyarakat," ucapnya.

Bupati memastikan sasaran TMMD selama ini fokus kepada masyarakat di distrik-distrik pinggiran.

Sebelumnya, Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip mengakui lokasi TMMD Ke-115 di Jayawijaya kali ini berada di daerah yang cukup sulit dijangkau.

"Lokasinya cukup sulit dijangkau karena hanya dapat dilalui kendaraan yang memiliki double gardan," ujarnya.

Selain medan yang sulit, jaraknya dengan pusat kota di Wamena mencapai 57 kilometer. Kendati demikian, pendistribusian material dari pusat kota ke sana berjalan baik.

"Akses jalan menuju sasaran TMMD di Tailarek merupakan tantangan tersendiri karena selain belum diaspal, juga memiliki tanjakan terjal serta batuan lepas," katanya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT