2.309 Warga Mimika Ikuti Rapid Test, 516 Terindikasi Virus Corona

Nathan Making, Antara ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 14:20 WIT
2.309 Warga Mimika Ikuti Rapid Test, 516 Terindikasi Virus Corona
Pemeriksaan rapid test tukang sayur di Jayapura. (Foto: Istimewa).

MIMIKA, iNews.id - Sebanyak 2.309 warga di Kabupaten Mimika, Papua telah menjalani pemeriksaan rapid test virus corona. Hasilnya menunjukkan 516 orang di antaranya terindikasi terserang Covid-19.

Pemeriksaan mencakup warga yang masuk dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). Termasuk juga orang tanpa gejala (OTG) yang pernah kontak dengan pasien positif.

"Testing yang dilakukan merata pada semua kelompok, di mana sesuai protokol penanganan Covid-19," kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Mimika Reynold Ubra di Timika, Selasa (5/5/2020).

Menurut dia, 516 orang yang terindikasi virus corona sudah diminta menjalani isolasi mandiri mengingat kapasitas fasilitas karantina di Wisma Atlet dan Mimika Sport Complex tidak cukup untuk menampung semuanya.

Orang-orang yang terindikasi terserang virus corona ini, kata dia, juga, akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut dengan tes swab untuk memastikan status kesehatan mereka, positif atau negatif Covid-19.

"Ini hanya sebagai pertanda awal untuk selanjutnya akan dipastikan lagi dengan pemeriksaan PCR," katanya.

Reynold menjelaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten Mimika masih punya stok sekitar 2.800 alat tes diagnostik cepat, sebagian di antaranya akan digunakan untuk memeriksa 237 orang dari hasil pelacakan kontak.

Selain itu, menurut dia, pemeriksaan dilakukan di tempat-tempat ibadah, pintu masuk bandara dan pelabuhan, serta penumpang pesawat yang tiba di Timika pada minggu ketiga April lalu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal