364 Warga Sorong Raya Kembali ke Papua Barat setelah 3 Bulan Tertahan di Jayapura

Antara ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 11:50 WIB
364 Warga Sorong Raya Kembali ke Papua Barat setelah 3 Bulan Tertahan di Jayapura
Warga Sorong Raya tiba di pelabuhan. (Foto: Antara).

SORONG, iNews.id - Sebanyak 364 warga Papua Barat akhirnya bisa pulang setelah tertahan selama tiga bulan di Kota Jayapura, Papua. Mereka langsung menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai standar penanganan Covid-19 untuk mencegah adanya klaster baru.

Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau mengatakan, ratusan warga ini menumpang KM Donbosolo dari Serui menuju Kota Sorong. Mereka berasal dari Sorong Raya, seperti Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Maybrat, Tambrauw dan Raja Ampat.

"Saya berharap, para kepala daerah di wilayah Sorong Raya mengirim tim medis agar melakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus menjemput warga pulang ke daerah masing-masing," kata Lambert di Pelabuhan Umum Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (18/6/2020).

Wali Kota Lambert didampingi sejumlah petugas dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sorong menyambut kedatangan mereka di pelabuhan. Para warga ini bersyukur bisa pulang ke daerah asal setelah sekitar tiga bulan tertahan di Jayapura.

"Kami memang berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua dan PT Pelni untuk pemulangan mereka. Di sana ratusan warga Sorong Raya ini tertahan selama tiga bulan," ujar dia.

Begitu tiba di pelabuhan, ratusan warga langsung menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai standar penanganan Covid-19. Pemeriksaan lanjutan nantinya akan dilakukan di masing-masing daerah, termasuk pengawalan dari petugas medis.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal