5 Keunikan Daerah Papua, Nomor 3 Ada Salju Abadi

Donald Karouw ยท Sabtu, 26 November 2022 - 18:13:00 WIT
5 Keunikan Daerah Papua, Nomor 3 Ada Salju Abadi
Ilustrasi anak-anak Papua. (Foto; Antara)

JAKARTA, iNews.id - Keunikan daerah Papua yang tak dimiliki provinsi lain di Indonesia. Papua memang daerah yang spesial dengan tanah subur dan adat masyarakat yang kuat mempertahankan tradisi serta budaya.

Papua merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Nugini bagian barat atau west New Guinea. Papua juga sering disebut sebagai Papua Barat karena merujuk kepada seluruh Pulau Nugini termasuk belahan timur negara tetangga, east New Guinea atau Papua Nugini.

Papua dulu dikenal dengan nama Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Presiden Soeharto saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002.

Nama provinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua. Pada tahun 2004, Papua dibagi menjadi dua provinsi yakni Papua dan Papua Barat.

Kemudian pada tahun 2022, Papua kembali dimekarkan dengan penambahan tiga provinsi baru yakni Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan. Kemudian Papua Barat dimekarkan satu provinsi yakni Papua Barat Daya.

Berikut 5 keunikan daerah Papua :

1. Suku Terbanyak

Papua tercatat sebagai daerah dengan suku terbanyak di Indonesia. Tercatat Papua memiliki 466 suku yang tersebar di berbagai daerahnya.

Ilustrasi suku di Papua. (Foto : Instagram/ @baby_kanaro)
Ilustrasi suku di Papua. (Foto : Instagram/ @baby_kanaro)

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: