Ada 3 Kasus Keluarga Bawa Pulang Jenazah Pasien Covid di Jayawijaya

Antara · Selasa, 31 Agustus 2021 - 14:20:00 WIT
Ada 3 Kasus Keluarga Bawa Pulang Jenazah Pasien Covid di Jayawijaya
Kondisi di RSUD Wamena Jayawijaya. (Foto: Istimewa).

WAMENA, iNews.id - Ada tiga kasus keluarga membawa jenazah pasien Covid-19 dari rumah sakit tanpa menerapkan protokol kesehatan hingga Agustus 2021. Insiden ini terjadi di RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Direktur RSUD Wamena, dr Felly Sahureka mengatakan, pengambilan jenazah pasien Covid-19 di rumah sakit yang terakhir terjadi beberapa hari lalu.

"Karena dibawa keluarga, pihak rumah sakit tidak bisa memastikan pemakaman pasien sudah sesuai prosedur covid atau tidak," kata dr Felly di Kota Wamena, Selasa (31/8/2021).

Dia berharap, kasus ini jangan sampai terulang kembali. Selain itu warga diharap tidak lagi beranggapan bahwa rumah sakit memvonis seorang pasien tertular Covid-19 secara sepihak.

"Kami butuh tim keamanan yang membantu kami terutama saat disampaikan dia positif, meninggal karena virus corona mesti menerapkan protokol pemakaman yang berlaku," katanya.

RSUD Wamena merupakan satu-satunya rumah sakit rujukan untuk lebih dari enam kabupaten di wilayah pegunungan Papua, sehingga masyarakat perlu menjaga bersama agar pelayanan rumah sakit tidak sampai terganggu.

"Jadi kalau kita tidak jaga sama-sama, ketika nakes kita sudah berada pada situasi jenuh nanti bagaimana mereka bisa memberikan pelayanan dengan baik kepada pasien," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: