Anggaran Kegiatan PON Papua Diusulkan Sebesar Rp1,6 Triliun 

Antara · Rabu, 24 Maret 2021 - 18:05:00 WIT
Anggaran Kegiatan PON Papua Diusulkan Sebesar Rp1,6 Triliun 
Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda (kiri) didampingi Wakil Sekretaris Bidang Humas dan PPM PB PON Papua KA Matdoan (kanan). (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Anggaran kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 diusulkan sebesar Rp1,6 triliun. Rencana keuangan tersebut sudah disampaikan ke pemerintah pusat.

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan, anggaran tersebut sudah dipastikan. Pihaknya mengajukan Rp1,6 triliun dari total kebutuhan Rp2 triliun.

Menurut dia, ada sekitar Rp500 miliar yang nanti dianggarkan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk perhelatan olahraga tersebut.

"Usulan tersebut kini sedang mendapat review Kemenpora. Setelah rampung, proposal kemudian diserahkan kepada Kementerian Keuangan untuk mendapat persetujuan," kata Yunus Yonda di Kota Jayapura, Papua, Rabu (24/3/2021).

Saat ini PB PON Papua tak lagi mendapat dukungan anggaran dari APBD Provinsi Papua, sebab telah mendapat alokasi Rp2 triliun untuk pembangunan arena pertandingan dan sejumlah kebutuhan lainnya.

Untuk kebutuhan komponen broadcasting dan konsumsi, menurut Yunus Wonda, PB PON Papua membutuhkan dukungan anggaran dari pusat.

"Ini harus bisa (mendapat dukungan), karena kalau tidak maka akan mempengaruhi bidang lain di PB PON Papua dalam hal penganggaran," ujarnya.

Yunus Wonda mengakui, kalau untuk sekedar operasional rapat dan lainnya, kita bisa ambil dari PB PON Papua. Namun ada beberapa yang harus tetap lewat anggaran pusat.

"Tapi kalau pengadaan alat makan dan seterusnya tetap harus lewat anggaran yang diusulkan dari APBN," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: