Antisipasi La Nina, Wali Kota Jayapura Bentuk Tim Khusus Bencana

Antara ยท Rabu, 18 November 2020 - 11:10:00 WIT
Antisipasi La Nina, Wali Kota Jayapura Bentuk Tim Khusus Bencana
Pembentukan tim penanggulangan bencana di Jayapura. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, membentuk tim khusus untuk penanggulangan bencana dampak fenomema La Nina. Potensi cuaca ekstrem itu diperkirakan terjadi akhir tahun ini hingga awal 2021.

Ketua Tim Penanggulangan Bencana Tingkat Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan, pembentukan tim ini sesuai dengan arahan Pemerintah pusat, termasuk informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Fenomena La Nina berpotensi mengubah situasi dan kondisi di daerah Papua umumnya, dan terutama di Kota Jayapura," kata Rustan di Kota Jayapura, Papua, Rabu (18/11/2020).

Kemungkinan bisa terjadi hujan lebat, perubahan suhu, dan cuaca. Bahkan bisa terjadi perubahan iklim dan gelombang laut. Potensi gelombang tinggi karena air laut naik juga perlu diantisipasi,

Karena itulah dia mengundang beberapa komponen terkait seperti TNI/Polri dan beberapa instansi teknis lainnya termasuk beberapa komunitas yang menangani radio.

"Kebetulan, ketua tim adalah saya selaku Wakil Wali Kota Jayapura. Maka kita harus melakukan beberapa langkah-langkah mengantisipasi bencana," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal