Asal-Usul Lapis Legit, di Masa Kolonial Belanda Mulanya Bernama Spekkoek

Tati Rukmanah ยท Jumat, 16 September 2022 - 23:59:00 WIT
Asal-Usul Lapis Legit, di Masa Kolonial Belanda Mulanya Bernama Spekkoek
Asal-usul lapis legit yang mulanya bernama spekkoek ini dibawa oleh orang-orang Belanda ke Indonesia. (Foto: Instagram @yukmakan.channel).

JAYAPURA, iNews.id - Asal usul lapis legit yang mulanya bernama spekkoek ini dibawa oleh orang-orang Belanda ke Indonesia. Kue ini kemudianmendapat pengaruh dari penduduk lokal. 

Sekarang lapis legit menjadi salah satu kue basah tradisional dari Indonesia yang paling digemari oleh masyarakat karena rasanya yang sangat khas. 

Ingin tahu lebih lanjut penjelasan mengenai asal usul lapis legit ini? Simak terus artikel ini. 

Sejarah dan Asal Usul Lapis Legit 

Kue yang pertama kali dikembangkan di masa kolonial Belanda ini mulanya memiliki nama spekkoek yang memiliki arti kue daging babi. Walaupun memiliki arti kue daging babi, sejatinya kue ini tidak terbuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur babi. 

Mengapa dinamakan demikian? Karena bentuknya yang berlapis-lapis mirip dengan lemak babi. Lapis legit memiliki aroma khas karena dibuat dari berbagai macam rempah yang sangat disukai oleh orang-orang Eropa seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, bunga pala, dan adas manis. 

Setelah mendapatkan pengaruh di Indonesia, masyarakat mulai memodifikasinya dengan bahan-bahan lokal pula yang dimiliki oleh Indonesia dan menambahkan rempah yang cocok di lidah masyarakat lokal. 

Seiring perkembangannya, kue yang semula memiliki nama kue daging babi akhirnya beralih menjadi kue lapis legit karena memiliki banyak lapisan dengan rasa yang sangat manis. 

Di kalangan orang-orang China, lapis legit menjadi salah satu sajian yang wajib pada saat perayaan Tahun Baru imlek. Mereka mempercayai, semakin banyaknya lapisan pada kue lapis tersebut, semakin banyak pula rezeki yang akan mereka dapatkan.

Teknik Pembuatan Lapis Legit 

Teknik yang dilakukan dalam pembuatan lapis tergolong sulit karena sesuai dengan namanya, kue ini dibuat dengan metode yang berlapis-lapis. 

Pembuatan kue lapis ini harus melewati proses pelapisan 18-23 kali secara bertahap dan tidak boleh diburu-buru. Proses pembuatannya memakan waktu cukup lama, yaitu 4-6 jam. 

Saat proses pelapisan tidak boleh dibiarkan atau ditinggalkan, harus tetap dipantau dengan teliti supaya tidak ada gelembung di tiap lapisannya ketika memanggang untuk menghasilkan lapisan yang sempurna. 

Memakai Bahan Dasar Premium

Membuat kue bolu biasa hanya membutuhkan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak. Berbeda dengan pembuatan lapis legit ini, telur yang digunakan untuk membuat kue ini bisa mencapai setidaknya 30-40 butir telur. 

Jumlah telur yang dipakai itu tidak akan menghasilkan banyak kue lapis legit, namun hanya satu loyang saja dalam penggunaan telur sebanyak itu. 

Tak sedikit pula para pedagang kue lapis legit yang menggunakan telur ayam kampung untuk proses pembuatan kue tersebut karena rasa yang dihasilkan ketika memakai telur ayam kampung akan lebih gurih. 

Pemasaran Lapis Legit 

Dilihat dari banyaknya bahan yang dibutuhkan serta proses pembuatannya yang memakan waktu sangat lama dan membutuhkan keahlian dalam membuatnya, kue lapis legit ini dibanderol dengan harga terbilang cukup mahal. 

Di Indonesia, harga satu loyang lapis legit bisa dibanderol ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Meski terbilang mahal, namun sangat puas dengan rasanya yang legit. Bahkan banyak orang yang berebut mencari kue lapis legit ini untuk sajian di berbagai acara, meskipun mahal.

Nah, itu dia penjelasan mengenai asal usul lapis legit dan alasan mengapa lapis legit ini menjadi kue yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. 

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: