Banjir di Jayapura Disebut Terparah Sejak 5 Tahun Terakhir, Rumah Warga Nyaris Tenggelam

Edy Siswanto ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 22:06:00 WIT
Banjir di Jayapura Disebut Terparah Sejak 5 Tahun Terakhir, Rumah Warga Nyaris Tenggelam
Warga korban banjir di Jayapura saat dievakuasi petugas gabungan menggunakan perahu karet. (Foto: iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.idBanjir parah melanda Kota Jayapura, Provinsi Papua setelah hujan deras mengguyur wilayah itu, Jumat (14/1/2022). Ketinggian air di sejumlah wilayah mencapai dua meter lebih.

Warga menyebut banjir kali ini merupakan yang paling parah sejak lima tahun terakhir. Tim SAR gabungan sudah dikerahkan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

"Petugas sudah menangani ini. Harap sabar jangan panik. Kami berupaya untuk menyiapkan makanan siap saji untuk para korban. Kami evakuasi mereka dulu dari tim gabungan Basarnas, BNPB, Polri, TNI dan relawan berupaya mengevakuasi warga," kata Wakil Wali Kota Jayapura H Rustam Saru saat melihat kondisi banjir dan mengevakuasi warga di Kompleks Pasar Youtefa, Jumat (14/1/2022).

Lokasi terdampak banjir terparah yakni Pasar Youtefa Abepura. Di lokasi ini ketinggian air mencapai atap rumah hingga tim gabungan Basarnas, BNPB, TNI Polri dan relawan berjibaku mengevakuasi warga dari rumah mereka dengan menggunakan perahu karet.

Diketahui, hingga saat ini genangan banjir sudah mulai surut. Meski begitu warga tetap bersiaga karena hujan diprediksi masih akan terjadi. Selain banjir, beberapa lokasi juga terjadi longsor dan pohon tumbang. Bahkan ruas jalan di Skyland longsor dan tidak bisa dilewati.

Rustam mengaku prihatin dengan banjir yang kembali melanda wilayahnya. Dia menyebut akan melakukan pengerukan Kali Acay yang tertutup dengan material dan sampah hingga air meluap ke rumah rumah warga. 

"Kita butuh alat berat untuk mengangkat sampah dari Kali Acay yang tersumbat dengan material dan sampah. Kami berupaya maksimal semoga bencana ini lekas usai," ucapnya. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: