Basarnas Kerahkan 4 Heli untuk Evakuasi 3 Awak Heli PT NUH di Paniai

Edy Siswanto, Antara ยท Jumat, 18 September 2020 - 21:28:00 WIT
Basarnas Kerahkan 4 Heli untuk Evakuasi 3 Awak Heli PT NUH di Paniai
Kepala Basarnas Biak Gusti Anwar Mulyadi saat memberikan pengarahan kepada tim SAR gabungan untuk mengevakuasi helikopter milik PT NUH di Nabire, Jumat (18/9/2020). (Foto: Basarnas Biak)

JAYAPURA, iNews.id - Empat helikopter akan dikerahkan dalam proses evakuasi crew helikopter milik PT Nasional Utility Helicopter (NUH) yang mendarat darurat di pedalaman wilayah Paniai, Papua. Dua dari tiga awak heli tersebut diketahui sempat melambaikan tangan ke tim SAR saat memantau dari udara.

Kepala Basarnas Biak Gusti Anwar Mulyadi mengatakan, keempat helikopter yang akan dikerahkan itu di antaranya milik TNI-AL, heli One Air, heli Lama dan helikopter Airfast.

“Posisi keempat helikopter itu tersebar di Sorong, Timika dan Enarotali,” kata Gusti, Jumat (18/9/2020).

Menurut Gusti, evakuasi belum bisa dilakukan karena cuaca jelek di sekitar lokasi kejadian.

Belum diketahui kondisi ketiga crew, yakni Capt. Endy Nawalaga, Capt. Erik Kurniawan, dan crew M Aswar Jamal yang helikopter-nya mendarat darurat di ketinggian 4.700 kaki.

"Mudah-mudahan Sabtu (19/9) cuaca bersahabat, sehingga evakuasi berjalan lancar," kata Gusti.

Dia mengaku saat ini sudah berada di Nabire untuk memimpin langsung evakuasi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal menambahkan dari laporan yang diterima terungkap helikopter PT NUH dengan nomor penerbangan PK-USS ditemukan pada koordinat S 03° 34.220' dan E 136° 09.623' posisi crashed into rugged stream in basin (di cekungan aliran sungai), roughly 4700 fts, rugged terrain, no area to land.

"Selain itu, terlihat crew memberikan tanda-tanda permintaan pertolongan dengan menggunakan lambaian kain merah dan itu terlihat saat helikopter milik PT Intan Angkasa Air Services registrasi PK-IWV take off dari Bandara Enarotali melihat tanda yang diberikan," tutur Kombes Kamal.

Editor : Kastolani Marzuki