Basmi Nyamuk Penyebab DBD, Perindo Mimika Fogging Permukiman Warga

Nathan Making, Puspa Puspita ยท Selasa, 26 Februari 2019 - 15:03 WIT
Basmi Nyamuk Penyebab DBD, Perindo Mimika Fogging Permukiman Warga
Aksi fogging Partai Perindo Mimika di sejumlah perkampungan permukiman warga. (Foto: iNews/Nathan Making)

MIMIKA, iNews.id – Kasus penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang sejumlah bagian wilayah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Mimika, Papua. Hal ini disebabkan berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti pembawa virus DBD.

Ketua DPD Partai Perindo Mimika H Munawir Yakub mengatakan, curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan munculnya banyak genangan air. Kondisi itu menjadi tempat bersarang jentik-jentik nyamuk penyebab DBD.

Karenanya, Partai Perindo segera mengambil langkah antisipasi dengan melakukan pengasapan secara berkala ke sejumlah titik rawan yang menjadi tempat bersarang nyamuk tersebut.

Fogging ini menjadi agenda rutin Partai Perindo Kabupaten Mimika mengingat daerah tersebut rentan terhadap penyebaran penyakit Malaria. Sekaligus membantu pemerintah setempat dalam menekan angka kasus DBD.

“Partai Perindo melalui DPD Rescue Mimika terus melakukan kegiatan pengasapan atau fogging untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melakukan pemberantasan nyamuk malaria dan DBD. Kami siap bantu mewujudkan Mimika bebas malaria dan DBD,” ujarnya saat dihubungi Selasa (26/2/2019).

Dia menjelaskan, sebelumnya aksi fogging telah dilakukan di Kampung Timika Jaya RT 18, Distrik Mimika Baru, dengan total 150 rumah warga diasapi secara gratis, Kamis (21/2/2019). Kemudian langkah antisipasi dilanjutkan pada Sabtu (23/2/2019) di Desa Nawaripi RT 05, 07 dan 13 Kecamatan Wania, Kabupaten Mimika, Papua. Adapun, sekitar 500 Kepala Keluarga (KK) menerima bantuan fogging tersebut.

“Fogging dilakukan sesuai permintaan atau permohonan RT setempat. Besok kami akan lanjutkan kegiatan fogging dengan menyisir setiap desa atau kampung bersama pengurus lainnya,” katanya.

Dalam kesempatan itu turut serta Ketua DPD Rescue Perindo Mimika Edwardus Rahawadan, Sekretaris Rescue Perindo Mimika Albertus Sapari, Ketua DPD Tim Operasi Pemenangan (TOP) 9 Kabupaten Mimika Ismail B Mail dan jajaran pengurus lainnya.

Sementara itu, seorang warga Mimika bernama Yusran menyampaikan terima kasih kepada Perindo karena melakukan fogging di Kelurahan Nawaripi. Kegiatan fogging ini tentunya membantu warga setempat, sebab di musim penghujan ini cukup banyak nyamuk.

"Tentunya dengan fogging ini bisa memberantas dan memusnahkan sarang nyamuk,” kata Yusran.

Dia mengungkapka, sebagai partai politik, Perindo telah memberikan bukti nyata kepada masyarakat. Banyak kegiatan dan program ditujukan untuk kesejahteraan warga.

“Kehadiran Partai Perindo di Mimika bukan hanya sebagai partai Politik tetapi membantu masyarakat,” ucapnya.


Editor : Donald Karouw