Begini Modus 3 Warga Keerom Papua Gelapkan Bansos dari Jayapura

Edy Siswanto ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 13:50 WIB
Begini Modus 3 Warga Keerom Papua Gelapkan Bansos dari Jayapura
Truk yang dipakai untuk menggelapkan beras bansos di Keerom Papua. (Foto: iNews/Edy Siswato).

KEEROM, iNews.id - Polisi menangkap tiga orang yang diduga telah menggelapkan beras bantuan sosial dari pemerintah untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Keerom, Papua. Mereka menjual bahan pokok tersebut Rp5,6 juta ke sejumlah pedagang pasar.

Tiga pelaku masing-masing berinisial YB (40), SB (25) dan MS (51). Mereka menggelapkan 30 karung beras berisi lima kilogram yang diambil dari gudang Bolog Kabupaten Jayapura, Papua.

Kapolres Keerom, AKBP Baktiar Joko Mujiono mengatakan, penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat. Mereka membawa tiga unit truk untuk mengangkut beras-beras tersebut, lalu dijual ke pasar-pasar.

"Mereka ini ditugaskan untuk mengambil beras bansos di Jayapura untuk diserahkan kepada masyarakat," kata AKBP Baktiar di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (6/5/2020).

Modusnya dengan mengurangi jumlah karung beras yang akan didistribusikan ke masyarakat. Ada empat karung yang sudah mereka jual dengan total Rp5,6 juta.

"Ada empat karung sudah mereka jual, kami amankan sisanya ada 26 karung," ujar dia.

Saat ini para pelaku diamankan di Mapolres Keerom. Mereka dijerat pasal berlapis, Pasa 78 juncto Pasal 65 UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Pasal 372 KUHP, dengan ancaman empat tahun penjara.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal