Belum Lama Karantina Selesai, 122 Warga Pasar Lama Sentani Dinyatakan Reaktif Corona

Antara, Herawati ยท Jumat, 15 Mei 2020 - 13:25 WIT
Belum Lama Karantina Selesai, 122 Warga Pasar Lama Sentani Dinyatakan Reaktif Corona
Warga di eks Pasar Lama Sentani menjalani rapid test. (Foto: iNews/Herawati).

SENTANI, iNews.id - Sebanyak 122 warga eks Pasar Lama Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, dinyatakan reaktif virus corona hasil pemeriksaaan rapid test. Mereka sudah menjalani pemeriksaan swab dan sedang menunggu hasinya keluar.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Edward Manik Sihotang mengatakan, sudah berkoordinasi dengan dokter yang menangani 122 pasien reaktif tersebut. Sementara sampel swab ratusan warga tersebut masih menunggu antrean pemeriksaan.

"Daftar antrian untuk pemeriksaan PCR bagi masyarakat yang dinyatakan reaktif hasil rapid test memang sangat banyak," kata Edward Manik di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (5/15/2020).

Namun, kata dia, warga yang berasal dari eks Pasar Lama Sentani akan mendapat prioritas. Sebab daerah tersebut merupakan zona merah penyebaran virus corona, sehingga ada upaya antisipasi bagi masyarakat di sekitar daerah tersebut.

"Karena dikhawatirkan masyarakat yang sudah dinyatakan reaktif, kembali melaksanakan aktivitasnya dan berbaur dengan masyarakat lain," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk pemeriksaan PCR ini harus dilakukan sebanyak dua tahap. Hal ini untuk betul-betul memastikan masyarakat yang sudah dinyatakan reaktif ini positif atau negatif Covid-19. Dari 122 warga ini, sebagian sudah melewati pemeriksaan tahap pertama.

Sebelumnya, daerah eks Pasar Lama Sentani, ditetapkan sebagai zona merah di Kabupaten Jayapura dan dikarantina oleh pemerintah daerah setempat. Namun belum lama ini portal daerah tersebut kembali dibuka, karena masa karantina selesai.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal