Berbulan-bulan Terjebak di Raja Ampat, 4 WNA Akan Dipulangkan ke Negara Asal

Chanry Andrew Suripatty ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 13:15:00 WIT
Berbulan-bulan Terjebak di Raja Ampat, 4 WNA Akan Dipulangkan ke Negara Asal
Dua turis asing asal Amerika dan Kolombia akhirnya dijemput petugas setelah terjebak di salah satu pulau di Raja Ampat dampak diberlakukannya lockdown corona. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

RAJA AMPAT, iNews.id - Empat orang warga negara asing (WNA) yang tiga bulan terakhir terjebak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, rencananya akan dipulangkan ke negara asal mereka. Mereka terkendala pulang karena pandemi virus corona.

Dari empat WNA tersebut, dua di antaranya berasal dari Finlandia, lalu masing-masing dari Spanyol dan Prancis. Mereka yakni Ilmari Peltola (34), Sandra Maria Pesonen (31), Muriel Joele Eugenie Zajac (56) dan Sonia Villagas (41).

Dua WNA Finlandia merupakan tenaga kerja asing yang bekerja di pengelolaan resor di Raja Ampat. Sedangkan WNA dari Spanyol dan Prancis merupakan turis yang sedang berwisata. Keempat WNA ini masuk ke Raja Ampat sejak Januari 2020 lalu.

Mereka dibawa ke Kota Sorong, Papua menumpang dua kapal masing-masing kapal motor penumpang (KMP) Fajar Mulia dan Kapal Motor penumpang (KMP) Lema. Setibanya di sana, mereka menjalani pemeriksaan medis sesuai standar penanganan Covid-19.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk proses pemulangan mereka," kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sorong, Herlin Sasabone, Selasa (2/6/2020).

Dari hasil pemeriksaan, mereka dalam keadaan sehat. Mereka sementara menginap di Kota Sorong sambil menunggu proses pemulangan dan pemeriksaan dokumen perjalanannya.

Hingga saat ini, masih tersisa lima WNA yang berada di Kabupaten Raja Ampat akibat pandemi virus corona. Selain itu, daerah tersebut juga membatasi akses keluar dan masuk bagi warga untuk sementara waktu.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: