Bintuni Miliki Pusat Pelatihan Migas Terbesar di Wilayah Timur

Koran SINDO, Agung Nugroho · Selasa, 24 Juli 2018 - 12:02 WIB
Bintuni Miliki Pusat Pelatihan Migas Terbesar di Wilayah Timur
Kepala SKK Migas Amin Sunaryadi (ketiga kanan), Gubernur Papua Barat Domingus Madacan (lima kanan), dan Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw (enam kanan) saat meresmikan P2TIM di Teluk Bintuni, Papua Barat, Selasa (24/7/2018). (Foto: Koran Sindo/Agung

TELUK BINTUNI, iNews.id - Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat bakal semakin diperhitungkan di kancah global. Selain menjadi daerah penghasil minyak dan gas bumi, Bintuni telah mendirikan Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas (P2TIM).

Pusat pelatihan berstandardisasi internasional dan yang terbesar di wilayah Indonesia timur itu didirikan atas kerja sama Pemkab Teluk Bintuni dengan perusahaan migas Petrotekno.

Pusat pelatihan itu bertujuan mencetak sumber daya manusia (SDM) di bidang migas yang tangguh sekaligus bersertifikasi internasional. Selain itu untuk mengangkat putra daerah agar tidak hanya terus menjadi penonton semata.

Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw mengatakan, P2TIM diharapkan mampu memberikan kesempatan kerja dan menurunkan angka penganguran sekaligus menurunkan angka kemiskinan di Teluk Buntuni sekaligus di Papua barat.

Menurut dia, investasi di bidang energi dan migas sangat diperlukan terutama di daerah pinggiran dan kantong-kantong kemiskinan yang menjadi beban negara selama ini.

"Karena itu, Pemda Bintuni merespons dan berkoordinasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang ini, sehingga kami dirikanlah pusat pelatihan migas," kata Petrus Kasihiw di Teluk Bintuni, Selasa (24/7/2018).

Menurut dia, pembangunan teknik industri ini hadir untuk mendukung dan mengembangkan kemampuan daerah agar lebih bisa bersaing dan mengembangkan sumber daya alam Indonesia secara global.

"Juga bisa memperbaiki lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sebab, dari 100 siswa yang lolos, 90-nya merupakan putra daerah," kata dia.


Editor : Zen Teguh