Bobol Bank Papua, Pelaku Foya-Foyakan Rp1,6 M Beli 2 Mobil, Emas dan Jalan-Jalan

Antara · Senin, 11 Januari 2021 - 17:01:00 WIT
Bobol Bank Papua, Pelaku Foya-Foyakan Rp1,6 M Beli 2 Mobil, Emas dan Jalan-Jalan
Kapolres Mamberamo Tengah AKBP Simon Sahureka (kiri) Kasat Reskrim AKP Haryo menunjukkan barang bukti di Mapolres Jayawijaya. (Foto: Antara)

WAMENA, iNews.id - Seorang warga Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua, berhasil membobol Kantor Bank Papua Cabang Pembantu Kobagma dan membawa kabur uang senilai Rp1,6 miliar. Pelaku memfoya-foyakan uang itu untuk membeli mobil, emas, hingga jalan-jalan.

Aksi pembobobolan Bank Papua Cabang Pembantu Kobagma di Kabupaten Mamberamo Tengah itu terjadi pada 2 Januari 2021. Polres Mamberamo Tengah telah menangkap pelaku berinisial LP di Kabupaten Jayawijaya pada Sabtu (9/1/2021). Saat ini, tersangka LP masih diperiksa petugas Polres Memberamo Tengah.

"Secara keseluruhan uang hasil kejahatan LP (inisial pelaku) adalah Rp1,6 miliar namun yang sementara diamankan dari tersangka adalah Rp762,517 juta," kata Kapolres Mamberamo Tengah AKBP Simon Sahureka di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (11/1/2021).

Kapolres mengatakan tersangka telah menggunakan sebagian dari uang hasil jarahannya untuk membeli dua mobil jenis Strada, emas, telepon seluler (ponsel). Pelaku juga menggunakan uang hasil kejahatan itu untuk membeli speaker atau pengeras suara, radio, sepatu, pakaian, dan membiayai perjalanannya dari Mamberamo ke Jayawijaya.

"Dua mobil dibeli seharga Rp600 juta. Masing-masing Rp300 juta," katanya.

Pelaku membobol kantor Bank Papua dengan cara merusak plafon belakang dan dalam bank. Dia juga menggunakan linggis untuk mencongkel pintu ruang penyimpanan brangkas.

Kasat Reskrim Polres Mamberamo Tengah AKP Haryono yang mendapat laporan, mengambil langkah cepat melakukan olah TKP. Polisi juga mengumpulkan barang bukti dan mencari saksi serta melakukan pemeriksaan saksi terhadap petugas keamanan yang lapor hari itu.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2