Cegah Kecelakaan Pesawat, Operator Penerbangan di Wamena Diminta Perhatikan SOP

Antara ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 09:50 WIB
Cegah Kecelakaan Pesawat, Operator Penerbangan di Wamena Diminta Perhatikan SOP
Pesawat Trigana Air tergelincir di Sentani Jayapura. (Foto: Istimewa).

WAMENA, iNews.id - Operator penerbangan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, diimbau untuk memperhatikan standar operasional prosedur (SOP). Hal ini bertujuan untuk menghindari dan mencegah terjadinya kecelakaan penerbangan.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wamena, Subahari mengatakan, setiap 30 menit selalu ada perkembangan baru data cuaca, mulai dari angin, jarak pandang hingga ketinggian awan.

"Kita harus bisa mencermati SOP untuk standar data-data cuaca tersebut. Untuk pemangku kepentingan kami sampaikan lewat pesan Whatsapp," kata Subahari di Wamena, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (30/7/2020).

Subahari mengatakan, faktor lokal sangat mempengaruhi perubahan cuaca di Wamena. Bahkan dalam lima atau sepuluh menit cuaca bisa berubah akibat faktor lokal.

"Bisa berubah dari membaik ke memburuk atau sebaliknya dalam keadaan memburuk ke membaik dalam jangka waktu 5 atau 10 menit berubah," ujar dia.

Selain itu, kata dia, ada sejumlah titik yang memiliki jarak pandang berubah-ubah karena faktor cuaca. Termasuk di jam-jam tertentu, semisal ketika pagi hari

"Terutama di Final Raund 15 itu signifikan sekali kalau pagi hari antara pukul 6-8 pagi, itu jam-jam krusial perubahan cuaca yang signifikan dan kita selalu observasi," katanya.

Dia mengatakan, BMKG selalu siap jika pihak operator penerbangan berkoordinasi terkait laporan perkembangan cuaca. Layanan jasa BMKG yang selalu diperbarui ini, kata dia, harus menjadi perhatian.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal