Cerita Syekh Ali Jaber, Pernah Berdakwah hingga ke Tolikara Papua

Andi Mohammad Ikhbal ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 13:25:00 WIT
Cerita Syekh Ali Jaber, Pernah Berdakwah hingga ke Tolikara Papua
Syekh Ali Jaber. (Foto: Istimewa)

TOLIKARA, iNews.id - Pendakwah Syekh Ali Jaber mengaku sudah keliling Indonesia untuk syiar Islam, di antaranya hingga ke Kabupaten Tolikara, Papua. Kedatangannya disambut hangat oleh masyarakat dan para tokoh setempat.

Mereka yang datang menyambut kedatangan ulama ini tak hanya dari kalangan muslim, tapi juga para tokoh dan pejabat non-muslim, termasuk para ketua-ketua gereja.

Pendakwah dengan nama lengkap  Ali Saleh Mohammed Ali Jaber, lahir di Madinah, 3 Februari 1976. Pendakwah berusia 44 tahun ini juga aktif menjadi juri pada acara Hafiz Indonesia yang ditayangkan RCTI.

Ulama yang sudah berkewarganegaraan Indonesia ini sudah menekuni membaca Alquran. Ayahnyalah yang awalnya memotivasi Ali Jaber untuk belajar ilmu agama.

Keluarganya memiliki masjid besar yang digunakan untuk syiar Islam. Sebagai anak pertama dari dua belas bersaudara, Ali Jaber dituntut untuk meneruskan perjuangan ayahnya dalam syiar Islam.

Pada usia 11 tahun, Ali Jaber telah hafal 30 juz Alquran. Dia pun hijrah ke Indonesia untuk melanjutkan syiar Islam dari masjid ke masjid dan melalui siaran stasiun televisi serta media sosial.

Syekh Ali Jaber meninggal dunia saat masa perawatan di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Selasa (14/1/2021). Almarhum sempat terkonfirmasi positif Covid-19, namun sudah dinyatakan negatif sebelum meninggal dunia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal