Cikal Bakal Lahirnya Pasukan Setan, Prajurit TNI Yonif Garuda yang Bakal Dikirim ke Papua

Agus Warsudi ยท Kamis, 29 April 2021 - 14:40:00 WIT
Cikal Bakal Lahirnya Pasukan Setan, Prajurit TNI Yonif Garuda yang Bakal Dikirim ke Papua
Prajurit TNI diberangkatkan untuk tugas ke Papua. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Prajurit TNI dari Yonif 315/Garuda akan dikirim ke Papua untuk turut membantu pengamanan dan memberantas kelompok kriminal bersenjata. Satuan ini memiliki kemampuan khusus mengendus keberadaan musuh.

Satuan TNI AD ini berdiri pada 20 Agustus 1948. Markas Komando (Mako) Yonif 315/Garuda berada di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa Kota Bogor, Jawa Barat, di bawah Korem 061/Surya Kencana (SK), Kodam III Siliwangi.

Sejarah berdirinya Yonif 315/Garuda pada 20 Agustus 1947 di daerah Cirebon. Ketika itu terbentuk satu kompi yang diberi nama Pasukan Setan.

Satu tahun kemudian, para personel ini mendapat simpati dari rakyat, sehingga kekuatannya pasukan ini bertambah, dengan mendapat tambahan satu kompi dari Banten.

Nama kesatuan diubah menjadi Yon Brigade IV Divisi VI/Siliwangi dengan menggunakan tanda pengenal tutup kepala Baret Hijau.

Selanjutnya pada 20 Agustus 1948 ditetapkan sebagai hari jadi kesatuan dengan dislokasi pasukan berada di Panawuan, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Pasukan Setan bakal ditugaskan untuk memberantas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Papua. Para personel ini sudah menjalani latihan taktik dan teknik pertempuran, termasuk menembak.

Selain itu, mereka memiliki kemampuan mengendus atau mencium musuh dengan baik. Dengan kemampuan itulah, Yonif Garuda mendapat julukan Pasukan Setan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal