Curah Hujan Tinggi, Warga Jayapura di Wilayah Banjir dan Longsor Diminta Waspada

Antara ยท Minggu, 07 Februari 2021 - 17:53:00 WIT
Curah Hujan Tinggi, Warga Jayapura di Wilayah Banjir dan Longsor Diminta Waspada
Akses jalan di Jayapura terputus akibat longsor. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura meminta warga yang berada di wilayah rawan banjir dan longsor untuk waspada. Curah hujan tinggi di Jayapura diprediksi akan terjadi hingga Maret.

"Puncak musim hujan ditandai dengan meningkatkan frekuensi kejadian hujan dan intensitas hujan," kata Plt Kepala Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura Tato Agustinus, Minggu (7/2/2021).

Menurutnya, wilayah yang berada pada periode puncak musim hujan itu yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura bagian timur laut, dan Kabupaten Keerom bagian utara.

Dia menjelaskan, berdasarkan data pengamatan curah hujan pada dua stasiun pengamatan BMKG di Sentani dan Genyem, ada peningkatan curah hujan yang cukup signifikan pada awal Februari 2021.

"Curah hujan yang terjadi selama durasi tiga hari yaitu dari tanggal 1 hingga 3 Februari 2021 melebihi curah hujan yang terjadi selama satu bulan di Januari 2021," ujarnya.

Menurutnya hal itu perlu diwaspadai mengingat Kabupaten Jayapura merupakan salah satu daerah zona musim yang sudah masuk pada periode musim hujan hingga Maret 2021. Pada periode bulan tersebut Jayapura akan mengalami peningkatan curah hujan.

"Berdasarkan data prakiraan curah hujan juga diperoleh hasil curah hujan yang terjadi pada kategori menengah (200-300 mm per bulan)," katanya.

Editor : Reza Yunanto