Daftar Tunggu Calon Haji di Papua Barat 11.684 Orang, Terbanyak dari Kota Sorong

Antara ยท Sabtu, 04 Juni 2022 - 20:49:00 WIT
Daftar Tunggu Calon Haji di Papua Barat 11.684 Orang, Terbanyak dari Kota Sorong
Ilustrasi, calon jamaah haji Indonesia. (Foto: Rus Akbar).

MANOKWARI, iNews.id - Data Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua Barat menunjukkan, jumlah warga yang masuk dalam daftar tunggu (waiting list) calon jamaah haji sebanyak 11.684 orang. Pendaftar calon jamaah haji itu tersebar di seluruh kabupaten/kota, di mana calon terbanyak berasal dari Kota Sorong, yakni 4.325 orang.

Kepala Bidang Haji dan Binmas Islam Kanwil Agama Papua Barat Azis Hegemur mengatakan, jumlah daftar tunggu calon haji saat ini cukup banyak, sementara kuota haji yang diterima Papua Barat tidak sampai 1.000 orang.

"Kami menyarankan jika memiliki rezeki dapat mendaftar di bawah usia 40 tahun," ujar Azis di Manokwari, Sabtu (4/6/2022).

Apalagi, kata dia pandemi Covid-19 sekarang ini, calon yang sudah mendaftar dipastikan akan menunggu waktu cukup lama untuk bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci.

Dia menjelaskan, setelah Kota Sorong, calon jamaah haji terbanyak di Papua Barat berasal dari Kabupaten Manokwari 2.619 orang, kemudian Kabupaten Sorong 1.201 orang dan Kabupaten Fafakfak 1.242 orang.

Selanjutnya Kabupaten Teluk Wondama 651 orang, Kabupaten Kaimana 632 orang, Kabupaten Raja Ampat 400 orang, Kabupaten Teluk Bintuni 384 orang, Kabupaten Sorong Selatan 223 orang, Kabupaten Tambrauw 79 orang, dan Kabupaten Maybrat 18 orang.

Menurutnya, tahun ini, Papua Barat akan memberangkatkan calon jamaah haji sebanyak 330 orang. 

Jumlah jamaah calon haji yang berangkat ke Tanah Suci dari Papua Barat tahun ini dinilai mengalami penurunan lebih dari setengah yang biasanya setiap tahun mencapai lebih dari 750 orang lantaran adanya pembatasan kuota oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Pendaftar haji bertambah terus setiap tahun. Kami berharap ke depan kuota haji bisa normal kembali, bila memungkinkan ada penambahan dari pusat," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: