Datang ke Puskesmas, Warga Miskin di Sorong Bisa Rapid Test Gratis

Antara ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 11:55 WIB
Datang ke Puskesmas, Warga Miskin di Sorong Bisa Rapid Test Gratis
Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sorong, Herlin Sasabone. (Foto: Antara).

SORONG, iNews.id - Warga miskin di Kota Sorong, Papua Barat, yang ingin melakukan perjalan ke luar daerah bisa mendatangi puskesmas untuk rapid test gratis. Namun mereka harus lebih dulu mengantongi surat rekomendasi dari gugus tugas penanganan Covid-19.

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sorong, Herlin Sasabone mengatakan, sesuai kebijakan Wali Kota Lambert Jitmau, rapid test gratis ini dikhususkan bagi warga miskin dan pelajar yang hendak melakukan perjalanan.

"Rapid test ini bisa dilakukan pada 10 puskesmas di Sorong," kata Herlin di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (1/7/2020).

Mereka bisa langsung mendatangi puskesmas terdekat dan membawa surat rekomendasi dari gugus tugas. Tidak ada pungutan biaya bagi mereka menjalani pemeriksaan tes cepat tersebut.

"Apabila ada pungutan bagi pelaku perjalanan masyarakat yang kurang mampu, mahasiswa, dan pelajar silakan datang melapor ke posko gugus tugas," ujarnya.

Menurut dia, selama ini rapid test gratis hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang kontak erat dengan pasien positif virus corona. Namun Pemerintah Kota Sorong memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin melakukan aktivitas normal, bahkan untuk keluar daerah.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal