Datangi Pedalaman Asmat, Mensos Risma Naik Speedboat Lewati Rawa-Rawa Sarang Buaya

Arif Budianto ยท Kamis, 24 Maret 2022 - 19:35:00 WIT
Datangi Pedalaman Asmat, Mensos Risma Naik Speedboat Lewati Rawa-Rawa Sarang Buaya
Mensos Tri Rismaharini berkunjung ke kampung terjauh di Desa Erosaman, Distrik Derkoumur, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (23/3/2022). (Foto: MPI/Arif Budianto)

ASMAT, iNews.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini berkunjung ke kampung terjauh di Desa Erosaman, Distrik Derkoumur, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (23/3/2022). Menariknya, untuk sampai ke pedalaman tersebut Risma harus menggunakan speedboat. 

Dari Timika, Mensos Risma datang menggunakan pesawat baling-baling dan mendarat di Bandara Kamur, Kabupaten Asmat. Kemudian rombongan naik motor ke pemberhentian kapal atau Pelabuhan Pantai Kausari.

Selanjutnya, Mensos Risma menuju Erosaman menggunakan speedboat berkapasitas empat penumpang. Speedboat ini merupakan satu-satunya moda transportasi menuju Kampung Erosaman. Di sini, Risma menyusuri sungai rawa sejauh lebih kurang 20 menit. Sungai ini berair hitam pekat dan berkelok yang disebut sungai setempat dihuni buaya

Selain di Erosaman, Risma juga menuju Kampung Amagais dan disambut warga dengan antusias. Rombongan disambut tarian lokal dari para mama dan papa setempat.

"Ini tarian adat. Jadi kalau ada orang besar datang itu harus diramaikan," kata seorang warga, Isak Amkai. 

Mensos Risma datang dalam rangka memberikan sejumlah bantuan program Kemensos seperti bibit kelapa, budi daya ayam petelur dan fasilitas penguat sinyal, gedung pusat kegiatan, budidaya lele dan lainnya. 

"Saya sudah ke Papua enam kali dan ke kampung ini dua kali. Perkembangan masyarakat sudah bisa budi daya telur ayam, menanam dan lainnya. Harapan mereka nantinya bisa mandiri," kata Risma. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: