Ditembak KKB, Jenazah Kabinda Papua Brigjen Putu Danny Diterbangkan ke Jakarta Senin Besok

Riezky Maulana ยท Minggu, 25 April 2021 - 20:09:00 WIT
Ditembak KKB, Jenazah Kabinda Papua Brigjen Putu Danny Diterbangkan ke Jakarta Senin Besok
Aparat TNI-Polri memburu KKB yang menembak mati guru SMP Negeri 1 Julukoma, Jumat (9/4/2021) sore. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Jenazah Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya yang gugur tertembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021) akan dievakuasi ke Jakarta, Senin (26/4/2021).

Evakuasi jenazah Brigjen Putu Danny rencananya menggunakan helikopter Caracal dari Timika pada Senin, pukul 06.00 waktu Indonesia Timur (WIT).

“Ya, besok akan dievakuasi dari beoga ke Timika,” kata Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono.

Dari Beoga, jenazah Brigjen Putu Danny diperkirakan tiba di Timika sekira pukul 07.30 WIT. Selanjutnya, dilakukan pembersihan jenazah di RS Mitra Masyarakat Timika. Pembersihan jenazah diperkirakan akan memakan waktu 3 hingga 4 jam.

Selanjutnya jenazah almarhum akan diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat Batik Air dari Timika pada pukul 12.55 WIT dan dijadwalkan tiba di Jakarta pukul  15.25 WIB. 

Jenazah Brigjen Putu Danny akan didampingi tiga perwira yakni, Mayjen TNI Afinibur, Letkol Inf Andriono, Togama Hani Sinaga. 

Informasi yang diterima iNews.id, jenderal bintang satu yang dimaksud yakni Kabinda Papua BIN Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Saat itu dia sedang mendatangi lokasi pembakaran yang dilakukan KKB di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Aksi pembakaran itu terjadi dua pekan lalu.

Perwira tinggi Angkatan Darat tersebut dikabarkan terkena tembak di bagian kepala. Saat ini petugas sedang melakukan evakuasi korban. 

Evakuasi ke Timika direncanakan besok Senin (26/4/2021) pagi. Belum ada pernyataan resmi dari TNI tentang informasi ini. Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad saat dihubungi hanya menjawab singkat sedang menelusi informasi.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: