Duh, Layanan Tes Swab di Manokwari Ternyata Pernah Ditiadakan Sementara

Antara ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:30 WIT
Duh, Layanan Tes Swab di Manokwari Ternyata Pernah Ditiadakan Sementara
Tracing contact petugas medis di RSU Manokwari. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - Rumah Umum (RSU) Papua Barat pernah meniadakan sementara layanan tes swab di Kabupaten Manokwari, karena stok reagen PCR kosong. Kondisi ini jangan sampai terulang, karena penyebaran Covid-19 di daerahnya cukup masif.

Direktur RSU Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap mengatakan, sudah menyiapkan 30.000 reagen PCR Covid-19 untuk mengantisipasi, jangan sampai terjadi kekosongan.

"Beberapa pekan lalu kita sudah beli 5.000 reagen PCR dan kami sudah pesan lagi 30 ribu. Kita upayakan agar tidak terjadi kekosongan," kata Arnold di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (16/10/2020).

Arnold menjelaskan, penyebaran Covid-19 di Papua Barat cukup masif. Dari 13 kabupaten dan kota, saat ini tersisa satu daerah yang belum ditemukan kasus positif.

Selain itu, klaster penularan virus corona di daerah ini terus meluas. Tidak sedikit aparatur sipil negara (ASN) di Papua Barat sudah terpapar dan menjadi klaster baru.

"Stok reagen ini kita perbanyak untuk memaksimalkan layanan. Untuk 5.000 reagen ini diperkirakan cukup untuk memenuhi layanan hingga bulan Desember," ujarnya.

Namun bila melihat angka peningkatan kasus beberpa pekan terakhir, stok ini diprediksi hanya cukup untuk waktu satu bulan ke depan saja.

"Makanya kami pesan lagi," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal