Fakta-Fakta KKB Lesmin Waker, Tangan Kanan Lekagak Telenggen yang Ditembak Mati TNI

iNews.id ยท Jumat, 14 Mei 2021 - 11:35:00 WIT
Fakta-Fakta KKB Lesmin Waker, Tangan Kanan Lekagak Telenggen yang Ditembak Mati TNI
Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Lekagak Telenggen, Lesmin Waker ditembak mati aparat, Kamis (13/5/2021). (Foto: Istimewa)

PUNCAK, iNews.id - TNI menembak mati dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB), termasuk Lesmin Waker, tangan kanan dari pimpinannya Lekagak Telenggen. Lesmin diduga pelaku penembakan terhadap anggota Satgas Nemangkawi Bharada Komang hingga tewas.

Dari hasil penindakan di Kampung Tagalowa itu, TN berhasil menguasai camp. Dari lokasi, aparat berhasil mengamankan sejumlah alat bukti berupa tiga bendera bintang kejora, satu buku cetak Menuju Papua Baru karangan Benny Giay, empat kapak, tiga linggis, empat parang, satu palu, 46 anak panah dan satu busur.

Berikut fakta-fakta KKB Lesmin Waker yang ditembak mati TNI-Polri:

1. Lesmin Waker Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Lekagak Telenggen

Lesmin Waker diketahui merupakan Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Lekagak Telenggen. Lesmin Waker ditembak mati pasukan gabungan TNI  di antaranya Kopassus, Kostrad, dan Yonif Raider, dalam kontak tembak di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (13/5/2021). 

Peristiwa kontak senjata itu terjadi sekitar pukul 07.30 WIT.  Selain Lesmin Waker, ada satu anggota KKB lainnya yang tewas.

Kontak tembak ini disampaikan oleh Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo.

"Ada kontak tembak di sekitar Kampung Wuloni, Ilaga. Laporan yang saya dapat sampai saat ini dua orang KKB tewas dan masih diadakan pembersihan," kata Ignatius, Kamis (13/5/2011).


2. Penembak Anggota Satgas Nemangkawi dan Pelaku Aksi Teror Lainnya

Lesmin Waker terlibat dalam sejumlah aksi teror. Sebelumnya dia bersama anggota KKB lainnya melakukan teror dengan dengan melakukan penembakan pada seorang tukang ojek hingga tewas di Kampung Eromaga, Distrik Omkia, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (14/4/2021).

Dia juga merupakan salah satu pelaku penembak almarhum Bharada Komang yang merupakan anggota Satgas Nemangkawi. Dalam kontak tembak itu, Bharada Komang gugur.


3. Lesmin Waker dan Kelompoknya Diduga Bersembunyi di Kampung Wuloni

Tempat kejadian perkara kontak tembak kelompok Lekagak Telenggen dan pasukan Pinang sirih TNI berada di sekitar Kampung Wuloni. Tempat itu diduga sebagai salah satu persembunyian kelompok tersebut.

Keberhasilan ini diawali dengan kontak tembak pada Rabu (12/5/2021) pukul 07.25 WIT antara KKB di Kampung Wuloni pimpinan Lerimayu Telenggen dengan pasukan Nanggala, YR 500 dan Pinang Sirih (Cakra). Dalam kontak tembak tersebut dua KKB tewas di mana satu orang telah dievakuasi lainnya belum dapat dievakuasi.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2