Ferry Ellas, Anggota KKB Tewas di Areal PT Freeport Ternyata Danton OPM

Cornelia Mudumi · Selasa, 02 Maret 2021 - 11:35:00 WIT
Ferry Ellas, Anggota KKB Tewas di Areal PT Freeport Ternyata Danton OPM
Polda Papua memastikan perampasan senjata dan amunisi TNI-Polri oleh KKB menenteng senjata yang diduga hasil rampasan dari TNI-Polri yang viral di media sosial adalah hoaks. (Foto: iNews/Edy Siswanto)

TIMIKA, iNews.id - Seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang tewas dalam kontak senjata dengan TNI-Polri di areal PT Freeport ternyata Danton OPM. Pelaku tercatat beberapa kali melakukan aksi kejahatan dan penembakan.

Informasi yang dihimpun iNews.id, Ferry Ellas (35) merupakan penembak KKB yang memiliki jabatan sebagai Danton OPM Kodap III Kalikopi Timika pimpinan Joni Botak.

Pelaku juga sudah beberapa kali melakukan aksi kriminal. Di antaranya merampas ponsel warga, menyandera seorang guru dan penembakan pos TNI-Polri di Optiawak.

"Ditemukan kemiripan antara jenazah pelaku dengan foto Ferry Ellas. Dari atribut yang digunakan pelaku baik pakaian, jam, kalung, anting, postur tubuh dan wajah," kata Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata, di Kabupaten Mimika, Selasa (2/3/2021).

Selain Ferry Ellas, personel gabungan juga melumpuhkan Heri Yakob Newegalem (26). Keduanya sama-sama anggota KKB yang menyerang aparat saat patroli keamanan di areal PT Freeport Tembagapura, Minggu (28/2/2021) lalu.

Polisi membantah kabar hoaks yang disebarluaskan KKB bahwa pelaku tewas itu merupakan remaja berusia 17 tahun yang berstatus pelajar. Sebab fakta di lapangan, dua anggota komplotan separatis itu sudah berusia dewasa.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal