Penyerangan KKB di Areal PT Freeport, Polisi: Mereka Kelompok Joni Botak

Antara · Senin, 01 Maret 2021 - 16:18:00 WIT
Penyerangan KKB di Areal PT Freeport, Polisi: Mereka Kelompok Joni Botak
KKB menembak mati pendeta di Hitadipa, Intan Jaya, Papua. (Foto: ist)

TIMIKA, iNews.id - Polres Mimika menyebut kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menyerang personel gabungan di areal PT Freeport Indonesia merupakan kompolotan yang dipimpin Joni Botak. Insiden ini terjadi saat aparat TNI-Polri sedang patroli.

Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata mengatakan, saat sedang patroli keamanan, anggota ditembaki sejumlah orang membawa senjata api jenis M-16 dan AK47.

"KKB yang menyerang kali ini merupakan komplotan yang dipimpin Joni Botak," kata AKBP Era Adhinata di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (1/3/2021).

Penembakan ini terjadi di areal Mile 53. Ada sekitar 5-6 orang yang menyerang anggota TNI-Polri yang bertugas. Dalam baku tembak tersebut, satu orang anggota KKB terkena tembakan aparat gabungan, dan beberapa orang dilumpuhkan.

"Informasi dari lapangan yang kami dapatkan, saat kontak tembak terjadi, satu anggota KKB terkena tembakan," ujar dia.

Menurut dia, tindakan terhadap KKB tersebut semata-mata untuk mencegah jangan sampai kelompok bersenjata itu kembali mengganggu keamanan di area PT Freeport Indonesia.

"Kami tentunya akan melakukan tindakan tegas dan terukur, jangan sampai mereka masuk lagi ke area PT Freeport untuk mengganggu situasi keamanan," ujarnya.

Masyarakat diminta tidak perlu khawatir dengan aksi KKB di areal PT Freeport. Sebab lokasinya berada jauh di permukiman warga.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal