FKUB Jayapura Minta Masyarakat Tak Halangi Proses Hukum Lukas Enembe: Percaya sama KPK

Antara ยท Senin, 26 September 2022 - 10:44:00 WIT
FKUB Jayapura Minta Masyarakat Tak Halangi Proses Hukum Lukas Enembe: Percaya sama KPK
Gubernur Papua Lukas Emembe. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura Pendeta Alberth Yoku mengimbau masyarakat tidak menghalangi proses hukum yang dihadapi Gubernur Papua Lukas Enembe. Dia menyatakan dugaan korupsi yang menjerat Lukas merupakan tanggung jawab pribadi sang gubernur.

"Setiap pejabat negara sudah melakukan sumpah jabatan pada saat dilantik, maka dalam menjalankan pekerjaan harus ingat dengan Tuhan, dan wajib mengikuti peraturan dalam undang-undang yang berlaku," Alberth dalam keterangannya, Senin (26/9/2022).

Dia juga mengajak masyarakat tidak melakukan provokasi terkait proses hukum yang dilakukan oleh KPK terhadap Lukas Enembe. Dia yakin KPK akan bertindak profesional dalam mengusut kasus yang menjerat Lukas sebagai tersangka.

"Kami meyakini KPK bertindak profesional terhadap Gubernur Lukas Enembe sebagaimana telah ditunjukkan lembaga antirasuah itu terhadap para kepala daerah (Bupati) di wilayah Papua yang pernah terlibat kasus korupsi," ujarnya.

Dia menjelaskan upaya penegakan hukum yang dilakukan kepada Gubernur atau pun bupati di Papua telah sesuai aturan. Sehingga harus diproses sesuai prosedur yang ada.

Dia menambahkan pihaknya juga berharap agar tokoh masyarakat harus mempunyai sikap profesional dan mempertanggungkan semua yang dilakukan dan kooperatif dengan pihak penegak hukum demi menyelesaikan perkara hukum.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: