Frans Kaisiepo, Orang Papua Pertama Kibarkan Merah Putih dan Nyanyikan Indonesia Raya

Andi Mohammad Ikhbal ยท Selasa, 09 November 2021 - 17:27:00 WIT
Frans Kaisiepo, Orang Papua Pertama Kibarkan Merah Putih dan Nyanyikan Indonesia Raya
Pahlawan Nasional asal Papua Frans Kaisiepo yang diabadikan dalam pecahan uang Rp10.000. (Foto: Okezone)

JAYAPURA, iNews.id - Frans Kaisiepo merupakan satu di antara orang yang pertama kali mengibarkan Merah Putih di Papua. Dia menggemakan nyanyian lagu Indonesia Raya di Tanah Papua yang ketika itu masih diduduki Belanda untuk bersatu dengan Indonesia.

Nama Frans Kaisiepo ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia dari Papua berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 077/TK/1993.

Semasa hidup dia pernah menjabat sebagai Gubernur Provinsi Papua keempat. Sepanjang hidupnya, dia berjuang untuk mempersatukan Irian Barat dengan Indonesia.

Dia juga menjadi wakil Provinsi Papua yang terlibat dalam Konferensi Malino saat pembahasan pembentukan Republik Indonesia Serikat. Ketika itu Frans mengusulkan nama Irian untuk daerah di Timur Indonesia tersebut. Irian berasal dari bahasa Biak yang berarti tempat yang panas. Dia diketahui kelahiran Pulau Biak pada 10 Oktober 1921. 

Pada 31 Agustus 1945, ketika Papua masih diduduki Belanda, Frans termasuk salah satu orang menegakkan eksistensi Republik Indonesia. Dia juga orang pertama yang mengibarkan Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di Papua.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: