Gempa di Bovendigoel, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Andi Mohammad Ikhbal ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 09:50 WIB
Gempa di Bovendigoel, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami
Alat pendeteksi tsunami di laut. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Gempa bumi hari ini bermagnitudo 5,2 yang mengguncang Kabupupaten Bovendigoel, Papua, disebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Masyarakat diminta tenang dan tidak mudah terprovokasi isu hoaks.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa dirasakan hingga ke daerah Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua dengan skala III MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan, tidak berpotensi tsunami," tulis siaran pers BMKG yang diterima iNews.id, Rabu (1/7/2020).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut. masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu hoaks. Warga juga diminta menghindari bangunan retak atau rusak akibat gempa.

Sebelumnya gempa bumi hari ini bermagnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Bovendigoel, Papua, Rabu pagi. Gempa terjadi pukul 08.06 WIB atau 10.06 WIT.

Gempa berlokasi di 59 kilometer Timur Laut pusat kota Kabupaten Bovendigoel. Tepatnya pada koordinat 5,40 lintang selatan, 140,93 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer (km).


Editor : Andi Mohammad Ikhbal