Gugur Bertugas, Pratu Vicky Rumpaisum Naik Pangkat Jadi Praka Anumerta

Chanry Andrew Suripatty ยท Selasa, 03 April 2018 - 22:43:00 WIT
Gugur Bertugas, Pratu Vicky Rumpaisum Naik Pangkat Jadi Praka Anumerta
Prajurit TNI mengusung peti jenazah Pratu Vicky Rumpaisum yang gugur dalam tugas di Kampung Banti, Tembagapura, Papua. (Foto: iNews.id)

SORONG, iNews.id - Setelah melalui proses evakuasi yang cukup sulit, jenazah Pratu Vicky Rumpaisum, anggota Batalion 751 Rider yang tewas dalam kontak senjata di Kampung Banti, Tembagapura, Papua dibawa ke Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (3/4/2018).

Jenazah Vicky diterbangkan ke Sorong menggunakan pesawat carteran Susi Air. Isak tangis keluarga almahrum pun pecah saat pesawat yang membawa Pratu Vicky Rumpaisum mendarat di Bandara Domine Eduart Osok, Sorong. Upacara militer dipimpin langsung Komandan Kodim 1704 Sorong, Letkol Inf Andar Dodianto Pangabean.

Isak tangis haru keluarga tak terbentung saat jenazah almarhum Pratu Vicky mulai diusung oleh prajurit TNI menuju mobil jenazah. Begitu jenazah tiba di rumah duka di Jalan Delima Kota Sorong, tangis pun kembali pecah. Mereka seolah tak percaya jika almarhum Vicky meninggal dalam tugas menjaga keutuhan NKRI.


Letkol Inf Andar Dodianto Pangabean mengatakan, jenazah Pratu Vicky rencananya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Trijaya Sakti Sorong, Rabu (4/4/2018). “Sebagai bentuk penghargaan almarhum dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi menjadi prajurit kepala (parak) anumerta,” kata Andar.

Sementara itu, mewakili keluarga almarhum Vicky, Felix Rumpaisum menyampikan dirinya dan seluruh keluarga besar merasa terpukul atas meninggalnya Vicky.

Pratu Vicky Irad Rumpaisum gugur tertembak dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang terjadi pada Minggu (1/4/2018). Peristiwa itu terjadi saat  tim gabungan TNI/Polri sedang mengejar KKB yang membakar sekolah dan psukesmas serta menyandera warga Kampung Banti.

Selain Pratu Vikcy, satu anggota Yon 751 Rider lainnya, yakni Kopda Sumanto juga mengalami luka tembak pada bagian betis sebelah kanan. Saat ini korban masih dalam perawatan intensif di rumah sakit Tembagapura, Papua.

Editor : Kastolani Marzuki