Heroik, Prajurit TNI di Perbatasan Papua Bantu Ibu Melahirkan

Antara ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 06:33 WIB
Heroik, Prajurit TNI di Perbatasan Papua Bantu Ibu Melahirkan
Prajurit TNI dari Satgaspam perbatasan Indonesia-PNG mengevakuasi seorang ibu yang akan melahirkan di Kampung Kondo Kabupaten Merauke.(ANTARA Papua/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

MERAUKE, iNews.id - Aksi terpuji dilakukan oleh prajurit TNI dari Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Si’mbisa. Beberapa prajurit membantu proses persalinan seorang ibu yang akan melahirkan dari Kampung Kondo menuju Puskesmas Neukenjerai, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif 125/Si'mbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengatakan, tugas kemanusiaan di daerah perbatasan Indonesia-PNG di lakukandanpos Kondo Letda Inf Purwanta beserta lima orang anggota.

"Mereka turut membantu proses evakuasi Jois Sanggra dari Kampung Kondo menuju Puskesmas Nukenjerai yang akan melahirkan," kata Anjuanda, Kamis (2/7/2020).

Evakuasi ini dilakukan pada Rabu (1/7/2020) setelah adanya koordinasi dengan petugas kesehatan Puskesmas Pembantu (Pustu) Kondo Serfinus Omi Tan yang kekurangan peralatan medis.

"Sehingga proses melahirkan dialihkan ke Puskesmas Neukenjerai yang kondisinya lebih memadai," kata dia.

Anjuanda menambahkan, sebelum proses evakuasi berlangsung, Tim Kesehatan dari Pos Kondo Pratu Hendro Prasojo dan Prada Fadilah telah memeriksa tensi dan memasang infus untuk membantu meningkatkan stamina Jois yang sedikit lemas akibat muntah-muntah.

Kemudian, setelah dilakukan koordinasi anggota TNI bersama petugas kesehatan membantu proses evakuasi Jois menuju Puskesmas Neukenjerai.

"Membantu warga dalam kesulitan sebagai tindakan kemanusiaan yang dilakukan anggota TNI," kata dia.

Setibanya di Dermaga Neukenjerai, Jois langsung dijemput petugas Puskesmas Neukenjerai Dorkas Picarinissa beserta Tim Kesehatan Pos Kuler Sertu Diantoni Surbakti dan Prada Raldi untuk dibawa ke Puskesmas Nukenjerai menggunakan ambulance.

Sementara itu, Kepala Kampung Kondo, Elisa Mbanggu mewakili pihak keluarga sangat berterima kasih atas bantuan dari TNI.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih terkait apa yang sudah dilakukan bapak bapak TNI untuk membantu proses melahirkan saudara kami ibu Jois," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto