Zero Kasus Baru, Pasien Positif di 3 Daerah Papua Barat 100 Persen Sembuh

Antara ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 17:10 WIT
Zero Kasus Baru, Pasien Positif di 3 Daerah Papua Barat 100 Persen Sembuh
Ruang IGD RSUD Sele be Solu Kota Sorong saat disterilkan. (Foto: Antara)

MANOKWARI, iNews.id - Sebanyak tiga daerah di Papua Barat tidak lagi mengalami penambahan kasus baru. Sejumlah pasien positif yang dirawat dan diisolasi 100 persen dinyatakan sembuh.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Arnoldus Tiniap mengatakan, secara akumulatif ada 239 kasus di daerahnya. Dari jumlah itu, 153 orang dinyatakan sembuh.

"Masih ada 82 pasien positif yang dirawat. Lalu 1.045 orang tanpa gejala (OTG) yang masih dipantau petugas medis," kata Arnolud di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (1/7/2020).

Arnold menjelaskan Papua Barat saat ini masih berada pada masa tanggap darurat Covid-19 hingga 14 Juli 2020. Normal baru akan dilakukan sesuai hasil kajian epidemiologi serta kesiapan daerah masing-masing.

"Kesiapannya yakni fasilitas kesehatan serta komitmen masyarakat menerapkan protokol kesehatan," ujar dia.

Menurut dia, protokol kesehatan merupakan kunci untuk semua aktivitas pada normal baru, termasuk di sektor pariwisata. Karena itu, dia meminta semua warga di Papua Barat, benar-benar siap menerapkannya.

Sejauh ini terdapat tiga daerah berada zona kuning dan satu zona hijau di Papua Barat. Lalu tiga kabupaten yang 100 persen pasien positifnya sembuh.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal