Ibu-Ibu di Mimika Datangi Kantor Polisi Laporkan Dugaan Penipuan Arisan Online

Nathan Making · Kamis, 18 Februari 2021 - 17:00:00 WIT
Ibu-Ibu di Mimika Datangi Kantor Polisi Laporkan Dugaan Penipuan Arisan Online
Ibu-ibu di Mimika adukan kasus arisan online ke polisi. (Foto: iNews/Nathan Making).

TIMIKA, iNews.id - Sebanyak delapan ibu rumah tangga mendatangai kantor polisi melaporkan dugaan penipuan bermodus arisan online. Masalah mereka kemudian dimediasi polisi secara kekeluargaan.

Petugas di Kantor Polsek Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua yang mendapati aduan tersebut langsung memanggil terlapor. Ibu-ibu yang mengaku menjadi korban dipertemukan dengan pelaku berinisial Y.

Saat mediasi polisi, Y mengatakan, akan membayar uang arisan online yang disetor oleh para ibu rumah tangga ini dengan cara mencicil, karena tidak mampu membayar sekaligus.

Sementara seorang korban yang enggan disebutkan namanya mengaku, masalah ini terjadi pada bulan keenam arisan online. Padahal awalnya kegiatan ibu-ibu tersebut berjalan lancar.

"Ini baru sekarang ada masalah. Padahal kami sudah mentransfer uang ke ibu Y," kata korban tersebut di Mapolsek Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (18/2/2021).

Kepala SPKT Polres Mimika Baru, Aiptu Richard mengatakan, aduan ibu-ibu ini sudah dimediasi petugas. Terlapor pun dihadirkan dan diminta kesiapannya untuk bertanggung jawab.

"Ibu atas nama Y mengaku siap membayar dengan cara mencicil," kata Aiptu Richard.

Korbannya, kata dia, diduga lebih dari jumlah laporan yang masuk. Namun polisi akan lebih dulu menyelesaikan kasus yang resmi diadukan ke Polsek Mimika Baru.

"Kerugian para korban ini uang. Mereka menyetorkan uang bervariasi dengan cara transfer ke rekening pelaku Y," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal