Wabup Mimika: Belum Ada Warga Intan Jaya Eksodus ke Timika

Antara ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 12:45:00 WIT
Wabup Mimika: Belum Ada Warga Intan Jaya Eksodus ke Timika
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menjelaskan rencana pemerintah kabupaten menerapkan PSBB untuk mengendalikan penularan virus corona. (Foto: Antara)

TIMIKA, iNews.id - Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, menyebut tidak ada warga dari Kabupaten Intan Jaya yang dilaporakan eksodus ke Kabupaten Mimika. Informasi yang didapat, warga di daerah tersebut mengungsi di gereja-gereja.

"Saya belum dengar laporan kalau ada eksodus pengungsi dari Intan Jaya ke Timika," kata John di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (18/2/2021).

Pemerintah Kabupaten Mimika prihatin dengan situasi dan kondisi di Kabupaten Intan Jaya sekarang ini, apalagi masih kerap terjadi kontak senjata antara TNI-Polri dan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kondisi ini sudah banyak memakan korban jiwa.

Saat ini masyarakat di Kota Timika menggalang sumbangan bahan pokok untuk membantu warga yang mengungsi di gereja dan pastoran. Langkah ini merupakan inisiatif warga sendiri.

"Pengumpulan bantuan itu melalui gereja-gereja, mereka sudah meminta izin kepada Pemkab Mimika untuk mengumpulkan sumbangan," ujar dia.

Dia berharap, kondisi keamanan di semua daerah Papua, khususnya Kabupaten Mimika bisa kondusif, tanpa ada kekerasan dan kontak senjata. Apalagi saat ini umat Kristiani akan memasuki masa puasa menyambut Hari Raya Paskah.

"Mari kita isi masa prapaskah ini dengan melakukan puasa, dan memperbanyak doa agar kita bisa terhindar dari segala macam tindak kekerasan, bencana dan situasi tidak menyenangkan," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal