Intan Jaya Sempat Memanas, Bupati Disebut Kendalikan Pemerintahan dari Luar Daerah

Sindonews, Riko Pirmando ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 12:55:00 WIT
Intan Jaya Sempat Memanas, Bupati Disebut Kendalikan Pemerintahan dari Luar Daerah
Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni. (Foto: Sindonews).

INTAN JAYA, iNews.id - Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, sempat disebut sempat mengendalikan pemerintahan dari luar daerah ketika kondisi di sana sedang memanas. Pernyataan ini disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD.

Bupati Natalis menyayangkan beredarnya berita tersebut, apalagi yang menyatakannya pejabat di lingkungan pemerintah pusat. Dia menyesalkan ada informasi yang tidak benar itu.

"Terus terang saya kecewa juga karena Pak Menko Polhukam harusnya bertanya kepada kami terlebih dahulu sebelum membuat pernyataan," kata Natalis dalam rekaman video yang diterima wartawan, Kamis (1/10/2020).

Dia mengaku, sempat meninggalkan daerah beberapa waktu lalu karena harus memenuhi undangan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Namun saat terjadi insiden penembakan terhadap Pendeta Yeremias di Distrik Hitadipa, dia mengaku, langsung kembali ke daerah kerjanya di Kabupaten Intan Jaya.

"Saya sudah melakukan dua pertemuan besar di kantor bupati, intinya untuk memastikan betul siapa pelaku penembakan dan apa motifnya," ujar dia.

Sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD menyebut situasi di Kabupaten Intan Jaya, Papua, sudah aman terkendali. Namun dia meminta kepala daerah dapat mengawasi secara langsung situasi keamanan di daerahnya.

"Cuma kita mengimbau pemerintah, dalam hal ini bupati, supaya mengendalikan Intan Jaya itu secara langsung. Jangan dikendalikan dari luar," kata Mahfud kepada wartawan melalui konferensi secara virtual.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: