Janji Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk Tanah Papua 

Rizal Bomantama · Rabu, 17 November 2021 - 17:13:00 WIT
Janji Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk Tanah Papua 
Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Rabu (17/11/2021). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). Dalam masa jabatan yang hanya setahun, Andika diharapkan bisa bekerja maksimal termasuk dalam penanganan Papua

Jenderal Andika Perkasa sebelumnya sudah memaparkan mengajukan dengan delapan program prioritasnya sebagai pucuk pimpinan TNI lewat visi ‘TNI Adalah Kita’. Dia menyampaikan janjinya untuk Tanah Papua saat menjalani fit and proper test itu di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). 

Andika mengatakan, tidak akan menggunakan pendekatan peperangan dalam penanganan Papua. Dia juga menekankan stabilitas Papua menjadi sorotan utamanya.

Dia ingin menerapkan prinsipnya, yaitu memenangkan pertempuran tanpa peperangan. Andika mengangkat bagaimana pendekatan penyelesaian Papua dengan memanfaatkan operasi pembinaan teritorial. Pendekatan utama yang dilakukan TNI di bawah kepemimpinan Andika nantinya menggunakan senjata sosial komunikasi. 

Andika akan menurunkan personel khusus dari Angkatan Darat (AD) untuk melakukan komunikasi persuasif terkait polemik yang terjadi di Papua.

Jenderal Andika Perkasa juga berjanji akan menindaklanjuti program 1.000 putra-putri asli Papua Barat menjadi prajurit Tamtama TNI AD. Sebelumnya, Andika telah menjalankan program 1.000 putra-putri asli Papua menjadi prajurit Bintara TNI AD. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: