Jaringan Komunikasi di Jayapura Mulai Pulih Bertahap, Trafik Meningkat 70 Persen

Antara ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 17:10:00 WIT
Jaringan Komunikasi di Jayapura Mulai Pulih Bertahap, Trafik Meningkat 70 Persen
Sebuah kapal sedang mengangkut kabel optik sepanjang 10 km untuk perbaikan jaringan komunikasi dan internet di Papua. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Jaringan komunikasi di wilayah Jayapura, Papua, sudah mulai pulih secara bertahap. Trafik layanan meningkat 70 persen hingga pukul 14.30 WIT.

Kepala Dinas Kominfo Papua, Jery A Yudianto, membenarkan hal tersebut, meski belum 100 persen dianggap normal kembali.

"Kurang lebih tadi pukul 12.30 WIB atau 14.30 WIT jaringan pelan namun pasti sudah mulai berjalan," ujar Jery saat dikonfirmasi, Selasa (8/6/2021).

Dia mengatakan, trafik layanan ASTINET Telkom di wilayah Jayapura sudah mulai meningkat hingga 70 persen dari kuota yang tersedia.

Jaringan komunikasi secara bertahap diharap bisa kembali normal, mengingat gangguan yang terjadi di wilayah terdampak telah berlangsung lebih dari satu bulan.

PT Telkom memastikan proses pemulihan jaringan kabel bawah laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Jayapura selesai dua hari ke depan. 

"Insya Allah dalam waktu satu atau dua hari ini bisa selesai dan kabel bisa recovery beroperasi normal kembali seperti biasanya," kata Direktur Utama PT Telkom, Ririek Adriansyah.

Sebelumnya Kapal Cableship DNEX Pacific Link (DPL) yang memiliki teknologi canggih didatangkan PT Telkom untuk perbaikan jaringan komunikasi di wilayah Papua.

Gangguan jaringan komunikasi ini disebabkan karena kabel bawa laut ruas Biak-Jayapura terputus pada 30 April lalu. Penyebabnya diduga akibat faktor alam.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: