Jayawijaya Siapkan Kebijakan PPKM Mikro bila Kasus Covid Terus Bertambah

Antara · Senin, 26 Juli 2021 - 11:19:00 WIT
Jayawijaya Siapkan Kebijakan PPKM Mikro bila Kasus Covid Terus Bertambah
Penutupan Bandara Wamena (Foto: Antara)

WAMENA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mempersiapkan kebijakan PPKM mikro bila kasus Covid-19 terus bertambah. Langkah ini sudah dibicarakan dengan jajaran Forkopimda.

Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi mengatakan, langkah PPKM ini sudah dikomunikasikan. Bila memenuhi dua dari lima kriteria yang diisyaratkan, kebijakan tersebut bisa diterapkan.

"Ada lima kriteria yang disyaratkan. Bila dua saja terpenuhi, PPKM harus kita lakukan, karena itu rawan sekali," kata Marthin di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu (25/7/2021).

Berdasarkan keterangan RSUD kepada Wabup Marthin, tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 semakin terbatas, sehingga tidak menutup kemungikinan PPKM diterapkan dalam waktu dekat.

"Sementara perbandingan antara tenaga medis dengan pasien sudah tidak seimbang. Jadi kita mengambil langkah untuk mengantisipasi," ujar dia.

Selain itu rencana penutupan akses penerbangan sudah diberlakukan mulai 12-26 Juli sesuai SK Bupati. Terkait PPKM mikro nantinya akan dilaporkan ke bupati, sehingga langsung ada pertimbangan.

"Apakah penghentian penerbangan penumpang dilanjutkan atau tidak, tetapi pada prinsipnya kami forkopimda sepakat tetap melanjutkan," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal