Jumlah Denda Pelanggaran Protokol Kesehatan di Jayapura Akan Masuk Kas Daerah

Antara ยท Minggu, 04 Oktober 2020 - 17:46:00 WIT
Jumlah Denda Pelanggaran Protokol Kesehatan di Jayapura Akan Masuk Kas Daerah
Operasi Yustisi. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

SENTANI, iNews.id - Dana hasil denda yang diperoleh dari para pelanggar pendisiplinan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Jayapura akan dimasukkan ke kas daerah. Jumlahhnya hingga saat ink belum diketahui, tapi operasi akan terus dilaksanakan.

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Jayapura, Khairul Lie mengatakan, operasi yustisi dilakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di masyarakat sehingga penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

"Operasi yustisi sudah dilakukan sejak dua pekan lalu. Ada dua sanksi yang diterapkan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 50 tahun 2020 tentang Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 di Kabupaten Jayapura.

Ketentuan pertama, setiap masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan akan ditindak melalui teguran lisan hingga sanksi sosial. Bagi masyarakat yang tidak menjalankan sanksi sosial, pilihannya harus membayar denda masing-masing satu pelanggar sebesar Rp50.000.

"Kita belum jumlahkan berapa banyak. Tapi denda sudah kita kumpulkan tetapi ini akan terus dilakukan sampai masyarakat itu benar-benar sadar untuk menerapkan protokol kesehatan," katanya Sabtu (3/10/2020).

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Provinsi Papua kasus konfirmasi positif di Kabupaten Jayapura tercatat 508 orang. Sebanyak 335 orang dinyatakan sembuh

Sementara yang menjalani isolasi/perawatan sebanyak 164 pasien. Sembilan orang meninggal  dan probabel enam orang. Untuk kontak erat 57 dan suspek 231 orang.

Editor : Umaya Khusniah