Kaleidoskop 2021: Deretan Aksi Brutal KKB Papua Selama Setahun, Tewaskan 30 Orang Mulai TNI hingga Sipil

Tim iNews.id ยท Kamis, 30 Desember 2021 - 22:06:00 WIT
Kaleidoskop 2021: Deretan Aksi Brutal KKB Papua Selama Setahun, Tewaskan 30 Orang Mulai TNI hingga Sipil
Tim gabungan TNI-Polri menyelamatkan warga sipil dari aksi brutal KKB Papua. (Foto: Antara)

8. KKB Tembak 2 Pekerja lalu Jasadnya Dibakar

Aksi brutal kembali dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Organisasi yang sudah dicap kelompok teroris itu membunuh dua pekerja yang membangun jembatan di Sungai Brazza, Kampung Kribun, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Minggu (22/8/2021) sore.

Mobil PT Indo Papua yang dibakar KKB. (Foto: iNews/Andrew).
Mobil PT Indo Papua yang dibakar KKB. (Foto: iNews/Andrew).

Data yang dihimpun, mengungkapkan kedua korban yang meninggal tersebut adalah Rionaldo Raturoma dan Dedi Imam Pamuji. Korban adalah karyawan PT Indo Papua yang sedang membangun jembatan di Sungai Brazza. Lokasi kejadian sekitar 10 KM dari kamp milik PT Indo Papua.

9. Empat Prajurit TNI Gugur Diserang KKB

Empat prajurit TNI yang gugur di Posramil Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua diserang saat sedang beristirahat. Insiden ini terjadi pada Kamis (2/9/2021) dini hari.

Kejadian tersebut pertama kali dilaporkan Plh Kasdim Maybrat, Mayor Inf Cahyo Widodo. Aksi penyerangan ini dilakukan oleh KKB, kurang lebih sebanyak 50 orang.

"Pelakunya berjumlah 50 orang," kata Mayor Cahyo dalam keterangan yang diterima iNews, Kamis pagi.

10. Enam Tenaga Kesehatan Diserang KKB

Enam tenaga kesehatan jadi korban KKB di Kiwirok Pegunungan Bintang. Empat orang di antaranya luka-luka, satu orang tewas dan satu dinyatakan hilang. 

Aparat keamanan TNI Polri mengevakuasi seorang tenaga kesehatan (nakes) yang terjatuh di jurang atas nama Kristina Sampe. Korban selamat, namun luka-luka di sekujur tubuh.

"Korban sudah dievakuasi Rabu malam dalam kondisi luka-luka, termasuk luka tusuk," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito, Kamis (16/9/2021) pagi.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: