Kapolda Papua Minta Anggota TNI-Polri di Daerah Rawan Siaga jelang HUT RI, Ada Apa?

Antara ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 00:35:00 WIT
Kapolda Papua Minta Anggota TNI-Polri di Daerah Rawan Siaga jelang HUT RI, Ada Apa?
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri meminta anggota TNI-Polri di daerah rawan gangguan KKB untuk waspada dan siaga jelang HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia. (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri meminta anggota TNI-Polri yang bertugas di daerah rawan bersiaga menjelang HUT Ke-77 Republik Indonesia (RI).

Daerah yang dianggap rawan gangguan keamanan kelompok teroris KKB, yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Intan Jaya, Puncak Nduga, dan Puncak Jaya.

"Para kapolres juga sudah diminta waspada dan siaga serta meminta masyarakat untuk membatasi aktivitas terutama ke kawasan yang dianggap rawan dan jauh dari jangkauan aparat keamanan," kata Irjen Pol Fakhiri, di Jayapura, Senin (15/8/2022).

Dia menjelaskan, sejumlah pejabat yakni Karoops, Dirintel, dan Dansat Brimob Polda Papua ditugaskan memantau pelaksanaan HUT Ke-77 RI di seluruh Papua.

"Mudah-mudahan tidak ada gangguan keamanan dan pelaksanaan HUT Ke-77 RI berlangsung aman," kata Kapolda Papua.

Ketika ditanya tentang kondisi kamtibmas di Kabupaten Nduga setelah kasus pembantaian yang menewaskan 11 warga sipil yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Kapolda mengaku kondisinya saat ini relatif aman.

Dari laporan yang diterima KKB pimpinan Egianus Kogoya kini berada di kawasan Alaguru yang terletak di seberang sungai yang memisahkan dengan Kenyam.

"Walaupun posisi KKB relatif jauh, kami selalu mengingatkan anggota agar senantiasa waspada, mengingat bila lengah akan diserang," kata Kapolda Irjen Fakhiri.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: