Kasus Covid di Mimika Sempat Melonjak, Dinkes: Belum Ada Laporan Tertular Varian Baru

Antara · Kamis, 10 Juni 2021 - 13:10:00 WIT
Kasus Covid di Mimika Sempat Melonjak, Dinkes: Belum Ada Laporan Tertular Varian Baru
Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Dinas Kesehatan Mimika sejauh ini belum mendapat laporan adanya virus corona varian baru yang menjangkiti pasien Covid-19. Namun angka kasus di daerah tersebut memang sempat melonjak pascalibur lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Reynold Ubra mengatakan, memang memerlukan uji laboratorium untuk memastikan adanya tidaknya varian baru Covid-19 yang menular kepada pasien.

"Namun sampai hari ini kami belum mendapat laporan. Kalau sudah ada kasus di Papua tentu kami mendapatkan informasi itu supaya kami meningkatkan sistem surveilens," kata Reynold di Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (10/6/2021).

Adapun penularan kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika, kata dia, masih cukup terkendali meski sempat mengalami lonjakan kasus setelah liburan lebaran.

Total pasien aktif mencapai 172 orang, namun kini sudah mulai menurun, yakni 170 orang, 113 diantaranya berada dalam pemantauan oleh puskesmas dan rumah sakit. Lalu sembilan pasien menjalani perawatan di ruang isolasi.

"Tren kasus sebetulnya masih meningkat karena masih lebih dari 30 persen temuan kasus dari jumlah sampel spesimen usap yang diperiksa," ujar dia.

Untuk kasus kematian akibat Covid-19, kata Reynold, sebanyak 54 kasus, terdiri atas 36 kasus kematian selama 2020 (25 Maret-31 Desember) dan 18 kasus kematian sepanjang 2021 mulai 1 Januari hingga 3 Juni.

"Rata-rata setiap bulan terdapat lima kasus kematian. Persentasenya memang menurun, tapi tidak signifikan," kata Reynold.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal