Kasus Covid Melonjak, PLBN Skouw Jayapura Masih Ditutup Total

Omega Batkorumbawa ยท Selasa, 27 Juli 2021 - 11:55:00 WIT
Kasus Covid Melonjak, PLBN Skouw Jayapura Masih Ditutup Total
PLBN Skouw di Jayapura masih ditutup total. (Foto: Sindonews).

JAYAPURA, iNews.id - Rencana awal pembukaan pintu gerbang perbatasan RI - Papua Nugini (PNG) di Skouw Wutung, Kota Jayapura, Papua, kembali diundur. Sebab terjadi kenaikan kasus Covid-19 yang signifikan di kedua negara tersebut.

"Awalnya kedua pemerintah sebelumnya sepakat pembukaan pintu perbatasan pada 21 Juni, lalu diundur ke tanggal 21 Juli," kata Kepala BPKLN Papua, Suzana Wanggai, Senin (26/7/2021).

Pembukaan akses dua negara ini belum dibuka karena sejumlah hal, di antaranya menunggu nota diplomatik dari Pemerintah Papua Nugini. Lantaran belum ada balasan dari negara tetangga tersebut, PLBN d Distrik Muaratami masih ditutup total.

Selain itu, kata Suzana, kurangnya fasilitas kesehatan di perbatasan menjadi pertimbangan pemerintah Papua Nugini dan Pemerintah Indonesia membuka pintu masuk kedua negara ini.

"Untuk persiapan teknis memerlukan waktu bagi Pemerintah PNG seperti membangun fasilitas kesehatan Covid-19 di pos batas dan kesiapan tenaga kesehatan menjadi salah satu alasan," ujarnya.

Sementara itu jumlah kasus COVID-19 di Papua mengalami kenaikan signifikan dalam rentan waktu tiga pekan. Data Satgas Covid-19 Papua, total akumulasi kasus di daerah ini sebanyak 32.579 kasus dan 743 pasien meninggal dunia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: