Kebijakan Dilonggarkan, Kesadaran Warga Jayapura Gunakan Masker Menurun

Sindonews, Herawati ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 11:35 WIB
Kebijakan Dilonggarkan, Kesadaran Warga Jayapura Gunakan Masker Menurun
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw. (Foto: Antara).

SENTANI, iNews.id - Kesadaran warga di Kabupaten Jayapura, Papua, untuk menggunakan masker saat beraktivitas menurun sejak kebijakan pembatasan waktu beraktivitas dilonggarkan. Padahal harusnya disiplin penerapan protokol kesehatan saat ini lebih meningkat.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, warga yang kedapatan menggunakan masker hanya 10 - 15 persen saja. Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan, apalagi aktivitas warga mulai kembali normal karena batasan waktunya hingga pukul 17.00 WIT.

"Harusnya semakin panjang waktu mereka beraktivitas dibarengin dengan penerapan protokol maksimal," kata Bupati Mathius di Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (16/6/2020).

Apalagi jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura setiap hari ada peningkatan cukup signifikan. Kondisi ini seharusnya menggugah kesadaran masyarakat lebih disiplin menerapkan aturan tersebut di tengah pandemi virus corona.

"Kita harus kerja ekstra, mungkin pembatasan-pembatasan di berbagai pusat perbelanjaan, restoran, hotel. Kami minta pengelola usaha ini benar-benar disiplin terhadap pengunjung. Kalau ada yang tidak pakai masker harus tegas dan jangan dilayani," ujar dia.

Menurutnya, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini butuh kerja sama dan komitmen, bukan hanya dari pemerintah saja, tapi juga masyarakat di daerah tersebut.

"Saya juga minta dunia usaha yang ada di Kabupaten Jayapura tolong bantu pemerintah. Saudara bertanggung jawab di wilayah usaha saudara, protokol kesehatan benar-benar ditegakkan," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal