Kebijakan Otsus Dinilai Hormati Hak Dasar Warga Asli Papua

Nanang Wijayanto ยท Kamis, 12 November 2020 - 13:05:00 WIT
Kebijakan Otsus Dinilai Hormati Hak Dasar Warga Asli Papua
Unjuk rasa untuk pemekaran Papua Barat Daya. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

JAYAPURA, iNews.id - Kebijakan otonomi khusus (otsus) dinilai menghormati hak dasar warga asli Papua. Regulasi ini mengurangi gap atau jarak antara Papua dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Ketua Pemuda Lira Papua, Stevez R Mara mengatakan, sebetulnya Otsus Papua menjadi upaya pendekatan pemerintah menyejahterakan masyarakat lokal di daerah tersebut.

"Otsus merupakan kebijakan untuk sejahterakan Papua," kata Mara saat dikonfirmasi, Kamis (12/11/2020).

Regulasi ini justru mengurangi gap antara Papua dan provinsi lain. Kemudian memberi kewenangan lebih kepada daerah serta menghormati hak-hak dasar warga asli di sana.

Namun bila saat ini ada penolakan dari sekelompok warga, merupakan hal yang wajar. Sebab ada kritik supaya pengelolaan dan pelaksanaan Otsus Papua bisa lebih baik.

Sementara Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Papua, Albert Ali Kabiay, menambahkan otsus hadir untuk menjawab permasalahan di Papua.

"Kebijakan ini penting bagi pengembangan SDM, kesehatan, dan pembangunan ekonomi. Dengan kewenangan besar, seharusnya menjadi pijakan untuk menyejahterakan warga," katanya.

Dia mendorong agar ada transparansi dari pemerintah provinsi terkait dana otsus. Selain itu perlu juga perbaikan distribusi anggaran, mengingat untuk lokasi daerah pesisir dan pegunungan berbeda.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: